Belajar Mengumpulkan Uang Dari Internet


Internet boleh dibilang gudangnya segala hal termasuk mencari uang di internet. Tidak bisa diragukan lagi kalau internet adalah tempat terbaik untuk mencari, membandingkan, dan mendapatkan berbagai peluang bisnis. Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan uang di internet. Mulai dari yang mudah tinggal klik dapat uang, jualan e-book, sampai membangun jaringan multi level marketing (MLM) yang sangat rumit.
Berikut ini berikan jenis dan contoh cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Tentunya GRATIS, kecuali biaya akses internet :
1. PTC (Paid to Click) adalah cara paling mudah untuk mendapatkan uang di internet. Kita akan dibayar HANYA dengan melakukan klik pada iklan yang disediakan dalam kurun waktu tertentu, biasanya 15-30 detik. Namun kita tetap bisa menjalankan pekerjaan, browsing dan sebagainya.
2. PTR (Paid to Read). Kita akan dibayar jika membaca iklan yang dikirim mereka, hampir sama dengan PTC. Hanya saja kita tidak perlu membuka websitenya, karena iklan akan dikirim langsung ke e-mail kita.
3. Paid Survey. Program ini akan membayar kita hanya dengan mengikuti dan mengisi survey. Biasanya digabung dengan Paid to Register, dimana kita akan dibayar cukup dengan melakukan pendaftaran saja.
4. Point tambahan. Point ini saya sediakan bagi sobat-sobat blogger yang pingin menambahkan program-program mencari uang di internet tanpa harus memilik blog/ website. Yang jelas situs/ website penyelenggara benar-benar membayar bukan scam (bohongan).
4.1. Paid Review adalah salah satu program/cara untuk mendapatkan uang dari blog/website, dimana kita (blogger/publisher) akan dibayar (paid) oleh pemasang iklan (advertiser) sejumlah uang, jika kita melakukan review terhadap produk/ websitenya. Langkah untuk mengikuti program ini adalah membangun blog yang berkualitas kemudian mendaftarkan blog kita kepada perusahaan-perusahaan (broker) penyedia jasa review.
Contoh perusahaan penyedia jasa review lokal (Indonesia):
Contoh perusahaan penyedia jasa review asing (Internasional):
  • Buy Blog Reviews (BBR) adalah broker favorit pertama dan paling banyak job hingga 7-8 sekaligus @ $5-$22 . Kelebihannya, kita bisa menawar harga kepada semua pengiklan. Gaji dibayar tiap tanggal 1-2 dan 16-17 tiap bulan (2 minggu sekali).
  • Review Me (RM) adalah broker favorit kedua setelah BBR. Lumayan rame job di RM. Tapi disini kita hanya disuguhi job yang sesuai kategori blog kita. Sehingga bila ada 1-3 job yang kita kerjakan, tidak bisa nawar yang lain apalagi nawar harga. Gajian tiap awal bulan.
  • Link Worth (LW) adalah favorit diurutan ke 3, karena baru dapat 1 job. Gajian tiap awal bulan.
  • Paying Post (PP) adalah favorit keempat karena sampai sekarang baru dapat 1 job. Gaji diberikan tiap awal bulan bila saldo mencapai $50. Kalau saldo belum mencapai $50 akan ditambahkan ke saldo bulan depannya.
  • BlogsVertise (BV) adalah broker favorit kelima. Banyak yang sukses di BV, tapi sampai sekarang belum satupun ada job dari BV.
  • Sponsored Reviews (SR). Sama seperti BV, banyak yang memfavoritkan dia. Tapi yang ini lebih kejam.
4.2. Paid per Click (PPC) adalah salah satu program atau cara untuk mendapatkan uang dari blog/website, dimana kita (blogger/publisher) akan dibayar (paid) oleh pemasang iklan (advertiser) sejumlah uang, jika ada pengunjung yang melakukan klik iklan di blog/website kita.
Cara kerjanya sederhana, kita tinggal mendaftarkan blog. Bila blog disetujui, kita tinggal memasang kode yang tersedia untuk dipasang di blog kita. Nanti kode tersebut akan menjadi iklan (teks/ banner, sesuai pilihan) yang akan berjalan otomatis dengan sendirinya. Bila ada pengunjung yang klik iklan tersebut, kita dapat bayaran.
Contoh perusahaan PPC lokal (Indonesia):
  • Kumpul Blogger. Kita akan dibayar rata-rata Rp 300 jika ada yang klik iklan di blog. Pembayaran via bank Mandiri, BCA, BNI, Niaga dan PayPal
  • AdsenseCamp. Kita akan dibayar rata-rata Rp 300 jika ada yang klik iklan di blog. Pembayaran via bank Mandiri, BCA, BNI, dan PayPal
Contoh perusahaan PPC asing (Internasional):
  • Google Adsense. PPC ini paling digemari blogger/webmaster seantero jagat raya maya ini. Karena nilai klik yang tinggi dan sangat menjanjikan, per klik bisa $0.1 – $ 3. Pembayaran via check dan westernunion.
  • BidVertiser. PPC ini merupakan alternatif kalau-kalau tidak diterima pas daftar di Google adsense. Lumayan sih per klik $0.1 – $7. Pembayaran pun mudah via PayPal.
4.3. Jualan Text Link
Cara kerjanya pun sederhana. Kita hanya memasang/ menginstal kode di blog, bila ada yang memasang iklan via broker maka kita akan mendapat bayaran per bulannya. Bayaran akan tetap mengalir tiap bulannya bila pengiklan/advertiser tetap memasang iklan teks di blog kita.
Contoh dari broker jual teks link :
  • Ask2Link. Bayaran tergantung dari nilai Google Page Rank (PR) Blog kita. Dengan perincian sebagai berikut :
    • blog PR 0 = $1/bulan blog PR 4 = $10/bulan
    • blog PR 1 = $2/bulan blog PR 5 = $15/bulan
    • blog PR 2 = $4/bulan blog PR 6 = $30/bulan
    • blog PR 3 = $5/bulan blog PR 7 = $60/bulan
4.4. Point Tambahan jenis dan contoh cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencari uang dari internet baik dengan atau pun tidak membangun blog :
4.4.1. Jual Beli Produk. Tidak bisa dipungkiri *yang mungkir sini tak jewer* kalau yang namanya jual beli pastilah akan mendapatkan uang. Jual beli produk tidak hanya dilakukan di dunia nyata tapi di dunia maya internet pun bukan hal baru.
Bagi yang memiliki blog/website, bisa langsung melakukan promosi jual beli produknya. Tapi yang belum memiliki blog bisa melakukan promosi dalam forum, milis atau via e-mail. Contoh jual beli produk dalam poin pertama yang masih sangat menjanjikan adalah :
  • Jual beli produk toko online. Misal jual beli handphone secara online, gadget, dan sebagainya. Uang/laba yang dihasilkan tentu paling menjanjikan. Modal yang disediain lumayan besar. Minimal harus disediakan layanan pelanggan/customer service.
  • Jualan e-book, CD/DVD, sepertinya masih menjadi pasar empuk untuk mendapatkan uang dari internet. Meskipun sebenarnya kita bisa mendapatkan materi e-book dengan gratis dengan mencari di search engine. Contoh e-book yang masih laris di pasaran: e-book tutorial, motivasi kesuksesan, tips trik mengeruk uang.
  • Jualan hosting dan domain.
4.4.2. Layanan jasa. Persis lah sama dunia nyata, dimana kesempatan mencari uang bisa dengan jualan barang dan atau jasa. Begitu pula di dunia maya internet ini. Contoh layanan jasa dalam poin kedua ini yang menurut saya masih sangat menjanjikan adalah :
  • Web/theme desain. Kesempatan emas ni buat jago-jago desain maupun yang doyan ngutak-atik kode template web/blog. Buat theme yang unik dan super kreatif yang tidak bisa didapat secara gratis. Theme-theme premium harganya bisa ratusan bahkan jutaan rupiah.
  • Content/copy writer atau penulis konten adalah kesempatan lain dalam mencari uang dari internet. jangan remehkan profesi ini. Penulis konten akan dibayar mahal bahkan sampai puluhan juta, tergantung kualitas dan kuantitas tulisan. Kesempatan bukan hanya jadi penulis konten web, bisa juga penulis surat penawaran, surat kerjasama ataupun surat-surat lainnya.
  • Konsultan. Jadi konsultan online juga jadi ide gemilang untuk meraih uang. Bisa konsultan web, konsultan kesehatan, konsultan bisnis, dan sebagainya.
4.4.3. Menjadi Affiliansi (perantara) atau dalam bahasa kasarnya menjadi makelar. Merupakan profesi *hallah profesi* yang patut dicoba. Dimana kita akan dapat uang (bayaran) bila ada orang yang membeli barang/jasa atas rekomendasi kita. Bisa dengan affiliansi manual yaitu memberitahukan penjual bahwa calon pembeli adalah atas rekomendasi kita.
Ataupun dengan affiliansi otomatis yaitu memberikan link affiliansi yang disediakan oleh penjual kepada calon pembeli. Kita akan mendapat bayaran jika pembeli melakukan pembelian melalui link yang kita berikan. Contoh ‘profesi’ affiliansi dalam poin ketiga yang masih sangat menjanjikan adalah :
  • Amazon.Com adalah toko online terbesar untuk saat ini, yang menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer, gadget dan sebagainya. Kalau kita mendaftar (gratis) di Amazon.Com kita akan mendapatkan link affiliansi/ referal. Kemudian kita mempromosikan barang-barang tersebut, maka akan mendapatkan ‘gaji’ jika ada yang membeli melalui link kita tadi.
  • Ebay.Com. Sistem kerja dan cara pembayaran ‘gaji’ sama dengan amazon.com
Designed by Cahyo Gemilang ©2008 - 2011 GEMIE, Inc. All Rights Reserved